Tugas Gambar Teknik


Semester 1 uda lewat ūüėÄ . Ternyata lama juga aku gak posting ya. hehehe… Dengan IPK yang alhamdulillah lumayan ūüôā permulaan yang bagus menurutku. Insyaallah akan kutingkatkan itu. . .

Berikut ini adalah kumpulan tugas menggambar teknikku semester lalu. Masih berdasarkan contoh. Tapi kali ini aku akan belajar membuat desain-desain sendiri. ūüôā Semester 2 ini ada mata kuliah Struktur Bangunan. Entah kenapa rasanya aku mempunyai feel yang bagus tentang ini ūüėÄ hahaha.

Oiya, walaupun sekarang semester 2, aku tetep akan posting mata kuliah yang semester 1 dulu masih ada yang belum aku posting disini.

Ok deh… ini hasil scan tugas-tugas gambar teknikku ūüôā

Continue reading

Advertisements

FLOWCHART


Flowchart adalah representasi grafik dari langkah-langkah yang harus diikuti dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang terdiri atas sekumpulan simbol, dimana masing-masing simbol merepresentasikan suatu kegiatan tertentu. Flowchart diawali dengan penerimaan input, pemrosesan input, dan diakhiri dengan penampilan output. Contoh penggunaan flowchart misalnya dalam kehidupan sehari-hari. Seperti menonton TV. Pastinya ada langkah-langkah yang kita lakukan sebelum tiba-tiba kita melihat TV. Continue reading

Operasi Logika


Sebelumnya, untuk operasi logika ini aku dulu pernah dapet pelajarannya di SKM dulu. Waktu itu pelajaran Elektro. Nah, yang aku dapet kok beda ya…selain caranya, simbolnya juga. Entah. Apa karena sekarang aku dijurusan teknik sipil ? aku rasa mungkin. Tapi lo, kalo untuk simbol, perasaan di softwarenya gak berubah. Jadi untuk yang membuka blog ini, khususnya teman-temanku(kalo liat sih), aku kasih tau perbedaannya. Aku gak tahu apa gunanya karena di jurusan teknik sipil. Dan kenapa harus beda? padahal materinya sama.

OK. Langsung saja…

~~~

OPERASI LOGIKA

(saat kuliah)

Sebagian simbol-simbol operasi logika :

 

saat kuliah

saat kuliah

 

Continue reading

Operasi Aritmatik


Adalah operasi yang disusun berdasarkan system hierarki/tingkatan.

Operasi                  Simbol

Perpangkatan     ^

Pembagian           /

Perkalian              *

Pengurangan ¬† ¬† ¬† –

Penjumlahan      +

Continue reading

Aljabar Biner


ALJABAR BINER

  • PENJUMLAHAN

awal    akhir    hasil

1        |       1    |   0    (simpan 1)

1        |       0   |    1

0       |        1   |    1

0       |        0  |    0

Dalam penjumlahan bilangan biner, untuk hasil 1+1 adalah 0. Tapi menyimpan angka 1 untuk penjumlahan selanjutnya.

Kita mengerjakannya dari yang paling kiri, seperti penjumlahan pada umumnya.

Contoh : 101 + 011 = …

 

penjumlahan

penjumlahan

 

Untuk mengerjakannya kita sambil lihat tabel  penjumlahan diatas. 1+1=0, simpan 1.

Kita tulis hasilnya, 0, sambil ingat bahwa ada simpan 1 untuk penjumlahan selanjutnya. Begitu seterusnya.

Hingga untuk hasil penjumlahan 101+011 adalah 1000. Continue reading

komdas#2 tugas


Sebetulnya sih ini tugas komputer dasar. Tapi gak papa lah, aku posting. Itung-itung nge-share contoh soal sistem bilangan ūüôā . Lagian sama dosennya kalo ngumpulin tugas disuruh lewat email. Jadi ini aku bukan kurang kerjaan karena mindah-mindah tugas ke PC. Tapi emang uda ada filenya.

this is it….. ^_^ komdas#2

Sistem Bilangan


Minggu kedua kita dapet pelajaran Sistem Bilangan. Yang dulu waktu SMK udah pernah tahu, sebagian :-).

OK. Disini kita dikenalkan dengan bilangan :

  • Biner yang mempunyai basis 2 yaitu 0 dan 1.

Sistem bilangan ini merupakan dasar dari semua sistem bilangan berbasis digital. Kita bisa mengkonversikannya ke sistem bilangan Octal dan Hexadesimal. Tapi kemarin kita cuma diajari mengkonversikan ke Desimal.

Yah, daripada gak tau sama sekali, waktu onlen FB aku sempetin tanya ke BCL(tapi bukan bungacitralestari :-D). Akhirnya ngerti. ūüôā

Seperti apa sih macamnya bilangan Biner itu ? Aku kasih contoh ya, bilangan Biner itu seperti 11110002 , 11012 , dan lain-lain. Continue reading